Beranda > Berita > Pantau Kondisi Merapi Terkini Melalui Radio Streaming

Pantau Kondisi Merapi Terkini Melalui Radio Streaming


Sebuah radio komunitas menydiakan informasi ter-update dari kondisi Merapi. Radio komunitas yang terhimpun dalam Jaringan Informasi Lingkar Merapi (JALIN MERAPI) memberikan informasi melalui pos pemantauan Manis Renggo (sebelum letusan pada tanggal 4-5 November 2010 dari Pos Pemantauan Balerante). Melalui website, dimanapun anda berada dapat memantau kondisi Merapi dari radio streaming yang disediakan JALIN MERAPI di http://merapi.combine.or.id/

Informasi yang akan anda dapatkan merupakan informasi langsung dari masyarakat setempat dan jaringan relawan. Dengan hanya setting frekuensi HT pada 149.070 siapa pun dapat memberi dan mendapatkan informasi tentang kondisi Merapi.

Jaringan ini (JALIN MERAPI) telah terbangun sejak tahun 2006, yang digagas bersama oleh tiga radio komunitas di Klaten (Lintas Merapi FM), Boyolali (MMC FM), dan Magelang (K FM), bersama beberapa lembaga swadaya masyarakat yang menaruh perhatian pada isu informasi dan komunikasi di lingkar Merapi. Pada Erupsi Merapi mulai tanggal 26 Oktober 2010 ini, JALIN MERAPI memperkuat dirinya dengan terlibatnya lebih banyak pihak yang bekerja bersama dalam jaringan dan dukungan pemanfaatan teknologi informasi yang lebih tepat guna.

Selain memanfaatkan radio streaming JALIN MERAPI menggunakan beragam media untuk menyampaikan data dan informasi terupdate, informasi JALIN MERAPI juga dapat diakses di Twitter dan Facebook, SMS GAteway (08180 438 9000), dan telepon (0274 411 123). Posko Induk JALIN MERAPI di Jl. KH Ali Maksum No. 183, Pelemsewu, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188 Indonesia.
Posko informasi JALIN MERAPI saat ini telah dibangun di sembilan titik lokasi di lingkar Merapi, yang meliputi wilayah D.I. Yogyakarta, Klaten Utara, Wedi, Kota Boyolali, Selo, Grabag, Muntilan, dan Mungkid.

Saat ini JALIN MERAPI didukung oleh Jaringan Radio Komunitas Jawa Tengah, COMBINE Resource Institution, IDEA, Gender Working Group, Koperasi Wanita SETARA Klaten, Rumah Pelangi, Yayasan AirPutih, Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta, dan beragam lembaga serta ratusan relawan yang tersebar di sembilan wilayah di lingkar Merapi.
Dimasa dominasi media komersil dalam memberikan informasi, radio komunitas merupakan alternatif yang tepat dalam memperoleh informasi. Bahkan persaingan antar media komersil di negeri ini tidak jarang mengabarkan hal yang tidak akurat oleh karena kebutuhan kecepatan penyajian berita untuk memenuhi pasar. (ifr)

Sumber: immcabangbskm.wordpress.com

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: