Beranda > IMM, Organisasi > LAHIRNYA PK IMM AL KHAWARIZMI DAN IBNU KHALDUN UGM

LAHIRNYA PK IMM AL KHAWARIZMI DAN IBNU KHALDUN UGM


Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), merupakan salah satu gerakan mahasisawa di Indonesia. IMM sebagai salah satu organisasi otonom Muhammadiyah, memiliki peran mewujudkan maksud dan tujuan Muhammadiyah. IMM berperan untuk mewujudkan masyarakat madani ala Muhammadiyah di Indonesia, dengan konsep Masyarakar islam yang sebenar-benarnya. Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Muhammadiyah sering disebut sebagai eksponen Muhammadiyah.

IMM adalah organisasi pergerakan mahasiswa dengan membawa semangat amar ma’ruf nahi mungkar. Lahan gerak IMM di perguruan tinggi-perguruan tinggi di Indonesia, bahkan kini di manca negara pun terdapat IMM. Langkah gerak IMM memiliki tiga nilai yang diperjuangkan. Maka dikenallah trikompetensi dasar yang harus dimiliki kader IMM, yaitu humanitas, religiusitas, dan intelektualitas. Maka IMM sebagai organisasi, maupun kader-kader IMM secara individu memiliki kewajiban untuk bergerak dalam bidang kemanusiaan, kegamaan maupun kemahasiswaan. IMM UGM merupakan salah satu begian dari IMM itu sendiri. IMM di UGM diwadahi dalam Komisariat, dimana Kepengurusanya disebut PK (Pimpinan Komisariat) IMM UGM.

Keberadaan IMM di Universitas Gadjah Mada tidak bisa dilepaskan dari kelahiran awal IMM di Yogykarta. Hal ini didasari oleh sebagain besar pendiri atau deklarator IMM adalah mahasiswa UGM, diantaranya Djasman Al-Kindi (Geografi UGM), Sudibyo Markus (Kedokteran UGM), Ir. Margono (Teknik UGM), Amien Rais (Fisipol UGM), Yahya A Muhaimin (Fisipol UGM), Marzuki Usman (Ekonomi UGM). Sehingga keberadaan IMM di UGM sesungguhnya sudah berada sejak IMM lahir. Namun karena di awal IMM lahir belum ada istilah Komisariat, maka banyak mahasiswa UGM yang masuk oganisasi IMM menjadi motor penggerak DPP IMM.

Setelah melalui Musyawarah Nasional ketiga barulah membentuk susunan organisasi yang rapih dan teratur, untuk memasifkan proses kaderisasi dan gen pembentukan wacana di masing-masing level pimpinan. IMM UGM sendiri resmi menjadi Komisariat, pada tahun 1980 dan dalam sejarah selanjutnya mengalami pasang surut proses kaderisasi dan kepemimpinan karena banyak faktor hingga IMM Komisariat UGM eksis sampai sekarang dengan anggota kurang lebih 500 kader yang tersebar diseluruh Fakultas UGM.

Kemudian setelah itu terjadi kevakuman yang cukup lama, dan Pada tahun 1999 komisariat IMM UGM dimunculkan dengan segenap tenaga untuk membangunkan kembali setelah tidur panjangnya. Sampai pada akhirnya perkembangan kader IMM UGM lambat laun menjadi berkembang dan mempunyai banyak kader. Hingga pada beberapa priode kepemimpinan komisariat IMM UGM terjadi penggemukan . untuk itu sebuah pemikiran untuk mewujudkan sebuah pemekaran dalam tubuh IMM UGM, ini dikarenakan agar IMM di UGM dapat terus berkembang dan ingin melebarkan sayap-sayapnya di setiap fakultas di UGM.

Unit terkecil dari IMM dinamakan Komisariat yang langsung bersinggungan dengan lahan geraknya. Komisariat merupkan unit organisasi terkecil dari wiayah geraknya. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa garda terdepan dalam perjuangan IMM. PK (Pimpinan Komisariat) dapat dikatakan unit kepemimpinan yang langsung bekerak dengan grass root-nya.
Posisi strategis Pimpinan komisarit pada IMM inilah menjadikan pentingnya konseptualisasi strategis komisariat-komisariat di IMM. Oleh karena urgensi komisariat itulah, kemudian seharusnya dalam IMM menggarap lini ini dengan serius.
Sebenarnya cita-cita untuk pemekaran komisariat IMM UGM sudah lama ingin di wujudkan sehingga tidak hanya terkesan sebuah wacana saja. Untuk itu pada priode tahun ini bisa terwujud untuk memekarkan komisariat IMM UGM menjadi dua Komisariat berdasarkan letak wilayah geografis kampus UGM. Kemudian menjadikan Jalan kaliurang sebagai batasnya. Bagian tepi barat yang kebetulan adalah terdiri dari fakultas yang berumpunkan eksakta dan bagian timur dan berumpunkan sosio humaniora dan politik.
Berdasar hal itu pula, kader IMM yang berada di UGM, yang tergabung dalam Pimpinan Komisariat maupun kader IMM lain (baik simpatisan Muhammadiyah, maupun mahasiswa lain yang menyepakati gerakan IMM) menginisiasi pemekaran komisariat. Pemekaran Komisariat merupakan salah satu usaha agar lebih memasifkan gerakan IMM di UGM khususnya, maupun di Indonesia secara umum. IMM di UGM yang selama ini tegabung dalam hanya satu komisariat, brdasar analisis yang dilakukan telah layak untuk berdirinya lebih dari satu komisariat. Kesiapan itu baik jika ditinjau dari potensi baik secara kualitatif maupun kuatitatif. Potensi ini sesuai dengan momentum semangat kader-kader dalam pimpinan komisariat. Oleh karena itu, hal tersebut harusalah ditanggapi dengan realisasi pemekaran komisariat dilingkungan UGM dengan segera.
Maka IMM UGM yang sebelumnya hanya terwadahi dalam satu Komisariat (Komisariat UGM) kemudian pada MUSYKOM (Musyawarah Komisariat) VI IMM UGM pada 1-3 April 2010 diputuskan untuk lebih memasifkan langkah perjuanganya kemudian mengembangkan diri dengan dua Komisariat. Bermaksud Menteladani Al Khawarizmi dan Ibnu Khaldun, kemudian kedua komisariat baru tersebut kemudian diberinama IMM Komisariat Al Khawarizmi UGM dan IMM Komisariat Ibnu Khaldun UGM.
Komisariat IMM Al Khawarizmi UGM merupakan gabungan dari fakultas-fakultas yang bernuansa eksakta yaitu: Teknik, MIPA, Goegrafi, Biologi, Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, dan Farmasi. Sedangkan Komisariat IMM Ibnu Khaldun UGM terdiri dari fakultas-fakultas rumpun sosio humaniora dan rumpun agro kmpleks, diataranya adalah: FIB, FEB, Psikologi, Hukum, Filsafat, FISIPOL, TP, Pertanian, Kehutanan, Peternakan dan Kedokteran Hewan.
Dengan adanya dua Komisariat IMM di UGM kini, maka gerakan mahasiswa muhammadiyah seharusnya akan lebih masif. Trikompetesi kader intelektualitas, humanitas, dan religiusitas seharusnya akan lebih drasakan oleh masyarakat UGM baik deantara gerakan mahasiswa maupun lingkungan kampus. Lebih penting dari itu kiprah IMM akan lebih diperhitungkan sebagai gerakan ekstra universiter di UGM maupun sebagai gerakan ekstra parlementer di Indonesia.
Fastabiqul Khairat!

Kategori:IMM, Organisasi Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: