Beranda > Uncategorized > MALPRAKTEK DALAM PSIKOLOGI

MALPRAKTEK DALAM PSIKOLOGI


Kasus

Penyimpangan data tes diagnostik, yaitu bila terjadi manipulasi data dengan cara merubah sebagian atau seluruhnya data hasil pengetesan, sehingga hasil akhir harus cocok dengan permintaan klien/ penerima jasa. Dengan kata lain bahwa pelaksanaan tes hanya formalitas belaka karena hasil akhir sudah dipesan/ dibuat sesuai kehendak/ kebutuhan klien.

Pasal (Ayat) yang Dilanggar

· Pasal 2 Tanggung Jawab

Dalam melaksanakan kegiatannya, Ilmuan Psikologi dan Psikolog mengutamakan kompetensi, obyektivitas, kejujuran, menjunjung tinggi integritas dan norma-norma keahlian serta menyadari konsekuensi tindakannya.

· Pasal 4 a Perilaku dan Citra Profesi

Ilmuan Psikologi dan Psikolog harus menyadari bahwa dalam melaksanakan keahliannya wajib mempertimbangkan dan mengindahkan etika dan nilai-nilai moral yang berlaku dalam masyarakat.

· Pasal 8 d Sikap Professional dan Perlakuan terhadap Pemakai Jasa atau Klien

Ilmuan Psikologi dan Psikolog wjib untuk: Mengutamakan ketidakberpihakan dalam kepentingan pemakai jasa atau klien dan pihak-pihak terkait dalam pelayanan tersebut.

· Pasal 10 Intepretasi Hasil Pemeriksaan

Intepretasi hasil pemeriksaan psikologik tentang klien atau pemakai jasa psikologi hanya boleh dilakukan oleh Psikolog berdasar kompetensi dan kewenangan

· Pasal 14 a Pernyataan

Dalam memberika pernyataan dan keterangan/atau penjelasan ilmiah kepada masyarakat umum melalui berbagai jalur media baik lisan maupun tertulis, ilmuan psikologi dan Psikolog bersikap bijaksana, jujur, teliti, hati-hati, lebih mendasarkan pada kepentingan umum daripada kepentingan pribadi atau golongan, dengan berpedoman pada dasar ilmiah dan disesuaikan dengan bidang keahliannya/ kewenangan selama tidak bertentangan dengan kode etik psikologi. Pernyataan yang diberikan oleh ilmuan Psikologi dan Psikolog mencerminkan keilmuannya, sehingga masyarakat dapat menerima dan memahami secara benar.

Pembahasan

· Melanggar pasal 2; karena dengan memanipulasi data berarti telah bertindak tidak jujur dan tidak objektif serta mengesampingkan norma-norma keahlian.

· Melangar pasal 4/ a; Seorang ilmuan psikologi atau psikolog yang berbuat tidak jujur dapat mempengruhi citra buruk terhadap ilmuan psikologi and psikolog secara umum.

· Melanggar pasal 8/ d; Dengan mematuhi pesanan hasil psikologi, berarti menunjukkan keberpihakan ilmuan psikologi atau psikolog, halam hali ini, berpihak pada si pemesan hasil diagnostik.

· Melanggar pasal 10; karena seharusnya intepretasi ditentukan oleh psikolog yang kompeten dan berwenang bukan berdasar pesanan pihak tertentu.

· Melangar pasal 14; Jika terjadi manipulasi data, yaitu pada kasus tersebut, agar sesuai dengan permintaan klien. Maka dalam memberikan pernyataan tidak bersikap bijaksana dan jujur.

  1. ies
    Mei 27, 2008 pukul 4:24 am

    aQ tuh pgn cr malpraktek dlm psikologi, kasus2nya, tp koq G ada yah???mumet aq!!!

  2. myesa
    Agustus 28, 2008 pukul 2:51 am

    pernah nemuin kasus malpraktek gak?berdasarkan pengamatan langsung di lapangan.atau link yang terkait.Kalo ada bisa kasih tau gak?perlu nih buat tugas kode etik.makasih….

  3. Eugene
    November 3, 2008 pukul 12:21 pm

    bingung banget, hasilnya di pembahasannya di ulang-ulang

  4. Desember 23, 2008 pukul 10:46 pm

    Psikolog itu lebih kejam daripada dokter jika terjadi malpraktik, ketika salah mendiagnosa, mungkin dokter membunuh pasiennya dengan seketika, tetapi psikolog….membunuh pasiennya pelan-pelan, mereka dibiarkan menderita.

    Mangkannya, nanti kalo dah S2, dah pantas disebut psikolog, jangan salah diagnosa yah!!!! sebenarnya ini juga se yang membuat dirikuw urung untuk memasuki dunia psikologi, disamping alasan2 lainnya!!!!!!

    Tetapi yah sebenarnya sama aja, salahnya….malpraktik dimana2 juga salah dan gak ada yang baik.
    Ok Prof.

    Wassalam my brother

  5. Februari 27, 2010 pukul 6:38 am

    mungkin saja ada. tapi tidak terekspose. Dan yg jadi korban biasanya adalah mereka2 yg tak berdaya, sehingga kasusnya tersimpan dalam lorong gelap.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: